Hukum dan Keamanan

Warga Poso padati berbagai lokasi Nobar Film pengkhianatan G30S/PKI

Tokorondo, Buletin Sulawesi – Ratusan warga Poso Pesisir yang berada di desa Tokorondo nonton bareng film penumpasan pengkhianatan G30S/PKI di balai desa pada malam minggu (23/09).

Pemutaran film ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pembelajaran kepada masyarakat dan generasi muda .Sehingga dengan diputarnya film ini, masyarakat terutama remaja menjadi tahu pengalaman sejarah bangsa kita pernah mengalami pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965.  Pada nonton bareng itu, terdapat berbagai elemen masyarakat mulai dari anak-nak,dewasa hingga orang tua.

Warga masyarakat desa Uekuli menyaksikan pemutaran film G30S / PKI

Kegiatan ini terselenggara karena adanya kerja sama yang baik oleh tiga pilar, yakni pihak Babinsa, Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas yang ada di daerah tersebut yang menginformasikan kepada masyarakatnya mengenai pemutaran film dan di respon secara baik.

Kepala Dese Tokorondo Umar Daeng Situju, mengaku senang pasalnya sekitar lima ratus orang masyarakatnya pada saat menayangkan film tersebut hadir dan antusias agar bisa manjadi ajang berbagi tentang sejarah dan mengingatkan bahwa di Indonesia tidak ada ideologi lain selain Pancasila.
“pemutaran film ini bertujuan untuk mengenal atau mengingat kembali sejarah yang pernah terjadi, bahwa para pendahulu kita berjuang dengan jiwa raga untuk memperjuangkan Pancasila. Selain itu agar kita tidak melupakan sejarah dan anak-anak sekarang juga mengetahui bahwa Indonesia pernah mengalami peristiwa yang memilukan, saya  berharap untuk tidak terulang dimasa mendtang”jelas Umar Daeng Situju.

Warga masyarakat desa Bada menyaksikan pemutaran film G30S/ PKI

Pemutaran Film ini diagendakan langsung oleh jajaran Kodim 1307/Poso secara serentak di wilayah koramilnya masing-masing yang tempatnya berbeda-beda.
“Pada malam minggu ini, titik nonton bareng berada di Lembomawo, Tagolu, Tokorondo dan di semua koramil di Poso dan Touna dan rencana pada 30 september nanti Makodim akan melaksanakan nonton bareng di lapangan Sintuwu Maroso dan di dukung oleh ormas kemasyarkatan, unsur-unsur agama Islam, Kristem, Hindu”kata Letkol Inf Dody Tryo Hadi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button