Politik

KPUD Poso Telah Gelar Sosialisasi Pemutakhiran Data

Poso Kota, Buletin Sulawesi – BuSeiring akan dimulainya tahapan pemilu legislatif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso pada hari Selasa (12/09/2017)lalu telah menggelar sosialisasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Kegiatan yang digelar di ruangan pertemuan kantor KPU ini merupakan salah satu persiapan jelang ajang Pemilihan legislatif dan pilpres serentak 2019 mendatang.

Selain di hadiri oleh Ketua KPU Poso Taufik Hidayat dan empat anggota komisoner lainnya, sosialisasi ini juga mengadirikan pihak Dinas Kependudukan dan Catat Sipil (Dukcapil) Lurah bersama sejumlah para staf kelurahan Se-Kecamatan Poso Kota bersaudara.

Taufik Hidayat dalam materinya menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut merupakan upaya memperbaiki data pemilih, guna mempermudah penyelenggara saat dalam proses pemutakhiran data pemilih pada pemilu mendatang.

Kata Taufik, data pemilih yang diperbaharui mencakup soal pemilih yang telah pindah alamat, meninggal dunia, belum berumur 17 tahun namun telah menikah atau pemilih yang telah berubah status dari anggota prajurit TNI/Polri menjadi sipil atau sebaliknya.“Tentunya kami akan mendata kembali yang nantinya sesuai dan layak bisa ikut pemilihan di TPS,”terang Taufik.

Sementara itu Marmin selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil memparkan tentang kebijakan nasional dalam pemuktahiran data kependudukan. Menurut Marmin, bahwa hal yang paling terpenting adalah adanya kesadaran akan pentingnya dokumen bagi setiap penduduk.”Sangat diperlukan konsolidasi antar sektor dalam pemanfaatan data kependudukan, demi untuk mendukung jalannya proses pembangunan,”ucapnya seraya menambahkan bahwa pihak Dukcapil Pemda Poso akan sepenuhnya membantu penyelanggara pemilu dalam menyiapkan data pemilih yang lengkap sesuai syarat yang berlaku.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button