Sosial

Sunatan Masal TMMD, Meringankan Beban Warga Miskin

POSO,Buletinsulawesi.com–Untuk meringankan beban masyarakat kuarang mampu Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 tahun 2018 yang diselenggarakan Kodim 1307 Poso di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah. Digelar sunatan masal,sedikitnya seratus lebih anak-anak berumur 7 sampai 10 tahun dari keluarga tidak mampu di Kecamatan Lore Tengah dan sekitarnya mengikuti sunatan massal.

Suara teriakan kesakitan dari anak-anak yang datang dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Lore Tengah membahana di ruang belakang Kantor Desa Doda sebagai pusat kegiatan sunatan massal.

Anak-anak tersebut berada di lokasi kegiatan sunatan massal sejak pagi hari, sebelum pembukaan kegiatan TMMD ke 102 itu. Dengan berbekal sarung dan kopiah, serta senyum sumringah, para anak-anak yang ditemani orang tuanya antri untuk menunggu panggilan dari tim sunatan massal.Tiga tempat tidur disiapkan panitia sunatan massal, setiap anak ditangani oleh dua hingga tiga tenaga kesehatan yang akan melakukan sunatan massal.

Satu persatu anak dipanggil oleh tenaga kesehatan dari Tim sunatan massal TMMD ke 102. Saat tim sedang melakukan tugasnya melakukan sunatan, tidak sedikit anak-anak harus mengeluarkan suara tangisan dan teriakan. Mungkin karena takut atau kesakitan karena baru mengalami hal tersebut.

Namun, tim medis dan kesehatan selaku petugas sunatan, berusaha menenangkan sang anak, agar kegiatan sunatan massal berjalan lancar.

Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMD ke 102 yang juga Dandim 1307 Poso, Letkol. Inf. Dody Triyo Hady mengungkapkan, kegiatan sunatan massal ini yang diselenggarakan di kegiatan TMMD ini, sebagai upaya pihak TNI meringankan beban bagi keluarga tidak mampu yang ada di Kecamatan Lore Tengah, untuk menyunatkan anaknya karena terkendala biaya.

“Sunatan massal ini merupakan salah satu program kegiatan di TMMD 102, dan menjadi perhatian kami khusus bagi keluarga tidak mampu yang ada di wilayah Kecamatan Lore Tengah pada umumnya dan Desa Doda pada khususnya,” jelasnya.

Dandim menjelaskan, upaya pihaknya membantu masyarakat kurang mampu di wilayah tertinggal melalui TMMD ke 102 ini, merupakan komitmen TNI dalam membangun karekater generasi milenia sehingga kedepannya, para generasi muda dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi daerahnya.

Selain itu kata Dandim, pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bhakti sosial lainnya seperti pelayanan kesehatan dan keluarga berencana, secara gratis serta pengobatan gratis bagi masyarakat di sekitar lokasi TMMD ke 102.

“Kita berharap melalui TMMD ke 102 ini, TNI bersama Rakyat selalu bersinergi dalam membangun daerah ini dengan berbagai hal positif serta menjadikan rakyat sehat dan kuat, menuju bangsa yang kuat dan cerdas,” tandasnya.

Kegiatan sunatan massal tersebut ditinjau langsung oleh Wakil Bupati Poso, Samsuri bersama rombongan didampingi Dan Satgas TMMD ke 1012, Letkol. Inf. Dody Triyo Hady beserta Istri, Kasrem 132 Tadulako, Letkol. Inf. Sompang Sihotang, Pasi Ops Korem 132 Tadulako, Mayor Inf. Asrar dan Pasi Ter Korem 132 Tadulako, Mayor Inf. S. Tengko.(FIR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button