Headline

Ibu-Ibu Di Lokasi TMMD Dilatih Baris- Berbaris

Tidak Mengenal Lelah Untuk NKRI

POSO,Buletinsulawesi.com- Walaupun Para Puluhan ibu-ibu yang berada di desa Doda, kecamatan Loreh Tengah, kabupaten Poso. Setiap harinya,dari pagi hingga sore hari membantu suaminya untuk mengais rezeki dilahan persawahan atau perkebunan mereka untuk mencari sesuap nasi demi keluarga. Namun mereka juga tidak mau kehilangan kesempatan untuk belajar ketrampilan untuk diajarkan baris-berbaris oleh babinsa yang tergabung dalam Satgas TMMD seperti yang terlihat pada hari rabu sore (18/07).

Mungkin jika tidak ada kegiatan TMMD ke-102 Kodim 1307/Poso, Ibu-ibu PKK di desa Doda, kecamatan Loreh Tengah, kabupaten Poso, tidak akan mendapat pengetahuan dan ketrampilan baris-berbaris. Untuk itu “berkah” bagi para ibu-ibu PKK yang ada di desa Doda yang saat ini mendapat ilmu baris-berbaris oleh Babinsa Koramil 1307-10 Napu.

walaupun Begitu, semngat juang ibu-ibu ini perlu diapresiasi demi mempersiapkan dirinya untuk HUT NKRI, mereka rela mempertaruhkan hidupnya untuk menghormati dan memeriahkan semangat juang parah pahlawan yang telah gugur membela Indonesia dari penjaja. Karena kegiatan sehari-hari ibu-ibu ini, merupakan ibu rumah tangga yang bertanggung jawab untuk mengurus anak-anaknya kesekolah,mencuci,memasak hingga membantu suami mereka dilahan perkebuanan atau persawahan.

Menurut para ibu-ibu ini dinrinya sangat terbantu diajar langsung oleh militer atau TNI yang suda dikenal cara berbarinsnya begitu rapi dan kompak. Dengan harapan yang diajarkan bisa bermanfaat jika ada lomba-lomba lain seperti lomba desa yang biasanya digelar dikecamatan dan dapat mengajarkan kepada anak mereka.

”Lumayan dapat ilmu baru, saya yakin nantinya soal baris berbaris ini akan bermanfaat dan terpakai jika ada acara di tingkat desa maupun kecamatan,walaupun hidup saya susuh,itulah yang dapat kami bantu sebagai warga yang tinggal dipelosok desa” ungkap salah satu warga yang mengikutilatihan bari berbaris.

Menurut Dandim 1307/Poso Kolonel Inf Dody Triyo Hadi selaku Dansatgas TMMD mengatakan Secara terpisah, pemberian materi baris-berbaris merupakan kegiatan non fisik dalam kaitannya TMMD di desa Doda yang diminta langsung ibu-ibu PKK. Pasa saatnya nanti, pemberian materi di sasaran non fisik baik kuantitas maupun kualitas akan bertambah. Selian itu Dandim juga mengapresiasi semangat ibu-ibu karena rela meninggalkan sebagian pekerjaanya.

“Yang sangat menarik adalah Ibu-Ibu di desa Doda ini, antusias ikut latihan baris berbaris, padahal mereka habis seharian bekerja memasak dan membantu suami di ladang, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat mereka untuk berlatih, karena ingin mendapat bekal ilmu kedisiplinan dari para Prajurit yg tergabung dalam Satgas TMMD Ke-102 Kodim 1307/Poso”Kata Dody Triyo Hadi.(FIR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button