Hukum dan Keamanan

Warga Poso Keluhkan Sebagian Lampu Merah Tidak Berfungsi

Jika Lakalantas Siapakah Yang Bertanggung Jawab?

POSO,Buletinsulawesi.com- Sejumlah warga dalam beberapa bulan terakhir terus mengeluhkan banyaknya lampu merah yang ada didalam kota Poso tidak berfungsi lagi atau mati. Dari 7 titik lampu merah yang ada di dalam kota, hanya ada 2 titik yang menyala masing-masing lampu merah perempatan jalan Pulau Bali dan lampu merah perempatan Jalan Pulau Sumatera dekat kampuus Unsimar ,sisahnya seriang mati dan mati total.

Safwan (40) warga kelurahan Bonesompe,Poso Kota Utara yang ditemui,kepada media ini mengatakan jika kondisi lampu merah yang rusak dan mati sudah berlansung cukup lama tanpa ada upaya perbaikan dari pihak terkait.Safwan yang berprofesi sebagai tukang ojek ,mengakui dirinya hampir setiap hari melihat pengendara nyaris tabrakan di perempattan akibat lampu merah yang ttidak berfungsi.

‘’ Bukan Cuma saya,hampir semua orang apalagi pengendara mengeluhkan jika lampu merah tidak berfungsi,kalau tidak tabrakan pasti ribut karena ttidak ada yang mau mengalah saat di perempatan,’’ Keluh Safwan.

Kasat Lantas Polres Poso Iptu Arsyad Ma’aling yang ikut dikonfirmasi kepada media menjelaskan banyaknya trafick Light atau lampu merah yang terpasang disetiap perrempatan jalan namun tidak berfungsi.Menurut Kasat,kondisi lampu merah tidak menyala sangat menghawatirkan bagi pengendara dan rawan akan terjadinya kecelakaan Lalulintas.

‘’ Kondisi ini sudah berlangsung lama,saya juga heran kenapa dinas terkait,Dishub sama sekali tidak ada upaya untuk perbaikan atau pemasangan lampu merah,kalau menunggu korban laka saya kira sudah banyak,apalagi yang lampu merah dekat Bank BRI,’’ Ungkap Kasat Arsyad.

Iptu Arsyad Ma’ling menambahkan,pihaknya sejauh ini telah banyak menerima keluhan warga terkaitt banyaknya lampu merah yang tidak berungsi seperti, Lampu merah perempatan Rumah Sakit Umum,perempatan Depan Bank BRI cabang Poso dan Perempatan jalan Pulau Kalimatan.Diakuinya,jika kondisi tersebut dibiarkan,bukan tidak mungkin banyaknya lampu merah yang idak berfungsi akan berpengaruh terhadap tingginya anggka Lakalantas di wilayah hukum Polres Poso.

‘’Jajaran Satlantas Polres Poso sudah sering melakukan komunikasi dengan dinas terkait Dishub mengenai kondisi Lampu merah yang banyak tidak berfungsi,namun belum ada juga respon,’’ Keluh Kasat.

Pantauan MAL dibeberapa lokasi,selain lampu merah yang banyak tidak berfungsi,sejumlah tiang lampu merah banyak juga yang tidak terpasang atau dibiarkan tergeletak dipinggir jalan.Seperti lampu merah perempatan jalan Monginsidi,tiang lampu merah yang seharusnya terpasan 4 tiang,namun yangg terpasangg hanya dua,sisanya terggeletak didalam pekarangan rumah warga sekitar lokasi. Hingga berita ini diturunkan,belum ada keterangan resmi dari dinas Perhubungan Pemerintah Daerah kabupaten Poso.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button