Sosial

Tradisi Makan Bersama Usai Shalat Idul Adha

POSO,Buletinsulawesi.com-Ribuan umat muslim di kecamatan Poso Pesisir,kabupaten Poso, Sulawesi Tengah makan bersama usai melaksanakan sholat idul adha 1439 hijriyah. Hal tersebut merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahunnya dengan tujuan untuk menjaga silaturahmi dan menikmati kebersamaan.

Setiap tahun usai pelaksanaan sholat Idul Adha, warga desa di kecamatan Poso Pesisir melakukan tradisi makan bersama. Usai bersalam-salaman, warga menuju meja makan yang disediakan dilapangan dan menjamu diri sendiri. Kegiatan itu dilakukan di lapangan desa atau kelurahan yang ada di kecamatan Poso Pesisir, secara bergantian setiap tahunnya.

Dalam perayaan lebaran Idul Kurban kali ini, desa Bega menjadi tuan rumah dan menjamu tamu dari desa lainnya yang datang melaksanakan sholat Idul Adha. Menu yang dihidangkan bermacam-macam yang disediakan dari warga secara sukarela untuk dinikmati secara bersama-sama.

Sesuai rencana, hal serupa kembali akan digelar di lapangan kelurahan kasiguncu tepanya di lapangan sekolah pada tahun mendatang. Sementara tahun sebelumnya dilaksanakan di lapangan kelurahan mapane sebagai tuan rumah.

“ini suda menjadi tradisi setelah shalat Idul Adha, kita menyiapkan makanan sebagi tuan rumah dan dinikmati bersma sehingga rasa kebersamaan dan kekeluargaan itu tetap tertanam. Sementara makanan yang disajikan itu sukarela dari warga kami tampa ada paksaan”Kata Kuru kepala desa Bega.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button