Pemerintahan

Satu PDP Di Poso Dinyatakan Sembuh dan Sehat

POSO – Satu orang warga Poso berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau Pasien 02 di Kabupaten Poso dinyatakan sembuh dan dalam keadaan sehat oleh tim dokter Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Kabupaten Poso.

” Pasien PDP 02 dinyatakan sembuh dam kondisinya sehat, sehingga boleh dipulangkan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno yang didampingi Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso, Direktur RSUD Poso, dr.Masalindri Hasmar dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, dr.N.
Taufan Karwur saat konferensi pers, Senin (27/4/2020) di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso.

Marwan menegaskan, pasien PDP 02 dinyatakan sembuh setelah hasil pemeriksaan swab PCR dinyatakan Negatif. Sehingga pasien kedua dinyatakan sembuh non covid.

” Yang bersangkutan berinisial U, umur 19 tahun jenis kelamin perempuan, alamat Desa Labuan Dago yang merupakan pasien asal wilayah kerja Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage dan
Dikategorikan PDP sembuh non Covid, sehingga diperbolehkan pulang,” ungkapnya.

Marwan menjelaskan, berdasarkan data Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Kabupaten Poso, jumlah orang berstatus PDP Total 2 orang. Selesai Dipantau 2 orang dan dipantau saat ini tidak ada, hal ini dikarenakan pasien 01 beralih statusnya menjadi pasien positif covid 01. Sedangkan pasien kedua dinyatakan sembuh.

Sedangkan untuk pasien penderita positif covid kata Marwan, total jumlah sebanyak 3 orang. Dengan rincian pasien 01 inisial Tn. IM (38) wilayah kerja Kayamanya dan merupakan pasien klaster atau wilayah Palu. Artinya infeksinya di dapat dari wilayah Palu.

Pasien 02 dengan inisial Nn.D (22) alamat wilayah kerja Puskesmas Mayoa dan merupakan pasien klaster Palu dari wilayah perum Baliase. Pasien 03 berinisial Anak AW (11) wilayah kerja Puskesmas Lawanga dan yang bersangkutan kontak erat dengan pasien 01.

Dia menambahkan, pihaknya saat tengah merawat sejumlah pasien berstus OTG di rumah Sakit Darurat Covid Hotel Wisata. Sejumlah pasien OTG itu adalah pasien Tn. A wilayah kerja Puskesmas Mayoa, dengan hasil rapid tes positif dan akan dilakukan pemeriksaan swab.

Pasien Ny. MR (50) wilayah kerja Lawanga dengan hasil swab PCR pertama dengan hasil negatfif dan akan menunggu hasil swab kedua.

Pasien Ny. J (26) wilayah kerja Puskesmas Mapane, yang bersangkutan juga menunggu hasil swab kedua.

Pasien Ny. NM (33) wilayah kerja Puskesmas Tangkura, yang bersangkutan menunggu hasil swab.

Pasien Ny RM (30) wilayah kerja Puskesmas Kayamanya. Yang bersangkutan hasil rapid tes pertama negatif dan hasil rapid tes kedua positif, sehingga akan dilakukan pemeriksaan swab.

“Kami mengimbau warga Kabupaten Poso tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan menerapakan pola hidup sehat

Berdasarkan data Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Kabupaten Poso, jumlah pelaku perjalanan sebanyak 6.382 orang dengan rincian Yang Selesai Dipantau sebanyak 4.845 orang atau 75,9 persen. Saat ini dipantau sebanyak 1.537 orang atau 24,1 persen. Ini menunjukan angka pelaku perjalanan semakin berkurang.

Untuk status orang Dalam Pemantauan (ODP) total berjumlah 16 orang. Selesai Dipantau sebanyak 14 orang. Saat ini dipantau sebanyak 2 orang. Dengan catatan satu orang sementara dirawat di RSUD Poso dengan inisial Ny. A (48) wilayah kerja Puskesmas Kawua dengan hasil rapid tes negatif dan menunggu rapid tes kedua. Yang bersangkutan dirawat di RSUD Poso dikarenakan memiliki penyakit penyerta yakni hipertensi dan DBD.

Sedangkan satu orang lainnya kondisinya baik dan diperbolehkan pulang yakni Ny. Y (32) wilayah kerja Puskesmas Mayoa dengan hasil rapid tes negatif dan menunggu rapid tes kedua dan dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah.

Status OTG total sebanyak 63 orang, dengan rincian Selesai Dipantau sebanyak 39 orang dan hasil rapid tes negatif.dan menunggu rapid tes kedua. Sisa Saat Ini Dipantau sebanyak 24 orang.Mereka dengan hasil rapid tes negatif dan menunggu rapid tes kedua serta sebagian menunggu hasil pemeriksaan swab.(Man)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button