Hukum dan Keamanan

Polres Waspadai Ganguan Keamanan Jelang Pilkada 2020

POSO- Jelang pilkada pada 09 Deseber 2020, pihak kepolisian polres Poso waspadai ganguan keamanan dibeberapa tempat di Poso,Sulawesi tengah. Dengan Melakukan gelar operasi mantap praja tinombala 2020 yang dilaksanakan secara virtual tentang pengamanan pilkada serentak 2020.

Kapolres Poso Akbp Darno, memimpin kegiatan gelar operasi mantap praja tinombala 2020 yang dilaksanakan secara virtual 2020 tentang pengamanan pilkada serentak tahun 2020 di kabupaten poso bertempat di aula andi sappa sudirman polres Poso. Untuk mendengarkan arahan kapolda Sulteng yang di bacakan oleh wakapolda Brigjen Pol Nurwindiyanto, bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan ini merupakan representasi dari kesiapan atas tanggung jawab dan kepercayaan yang di berikan oleh negara dan seluruh masyarakat demi kesuksesan pilkada serentak.

Setelah mengikuti gelar operasi secara virtual, juga dilakukan pengecekan perlengkapan personel, baik kendaraan, alat pengendalian massa maupun alat komunikasi saat pengamanan.

Untuk pengamanan pilkada 2020 di Poso, berbeda dengan daerah lainya karena aparat TNI/Polri tidak hanya fokus mengantisipasi pada saat kampanye terbuka yang dilakukan para pasangan maupun tahapan pilkada lainya. Namun aksi terorisme juga perlu di waspadai, sehingga di perlukan kordinasi yang baik denagan satgas tinombala yang bertugas mengejar kelompok sipil bersenjata yang dipinpin ali kalora.

Seluruh aparat yang terlibat dalam pengamanan pilkada diharapkan menjaga komitment untuk menjaga netralitas,menjalin kerjasama dengan komponen terkait, meningkatkan kecepatan dan ketepatan sistim pelaporan, menampilkan sikap ketauladanan dan hindari sikap yang tidak terpuji.

Selain itu juga pihak kepolisian polres Poso, antisipasi isu hoax yang kemungkinan terjadi yang biasanya muncul dimedia sosial, sehingga kordinasi dengan bawaslu yang berkaitan pilkada akan intens dilakukan. untuk personel sendiri yang terlibat akan menyesuikan dengan situasi dilapangan serta tahapan-tahapan pemilu.

Menurut kapolres Poso Akbp Darno, bahwa dirinya telah berkodinasi dengan satgas ops tinombala untuk ganguan terorisme dengan tempat yang dianggap rawan dan kekuatan personel yang akan diterjunkan menyesuaikan dengan tahapan pilkada.

“untuk ganguan terorisme jelang pilkada,kita telah berkordinasi dengan satgas tinombala” katanya

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Dandim 1307/Poso, ketua DPRD Sesi Kristina Dharmawati Mapeda, sekda, ketua Bawaslu, KPU,Wadanyon B Pelopor Brimobda Polda Sulteng serta para pejabat polores Poso yang terlibat ops mantap praja tinombala 2020.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button