Pemerintahan

Bupati Kagum Terhadap Kinerja Tiga Pilar

 

POSO KOTA,Buletinsulawesi-Setelah sekian lama merasakan penderitaan sulitnya air bersih, saat ini masyarakat di Dusun Pantende RT 09 Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan boleh bernapas lega. Kenyataan ini bisa terjadi karena air sudah bisa tersedia di rumah masing-masing masyarakat.
Kegembiraan masyarakat tidak terlepas dari ide atau gagasan kreatif dari tiga pilar yang ada di daerah tersebut yakni Babinsa,Bhabinkamtibmas dan Lurah.

Menurut pengakuan masyarakat setempat 51 tahun sejak Dusun ada, baru tahun ini bisa mendapatkan air langsung ke rumah-rumah.Sumber air bersih sendiri dapat digunakan oleh warga baik untuk konsumsi maupun untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan masyarakat Kelurahan Bukit Bambu pada saat musim kering juga datang untuk mengambil air. Namun masih sangat terbatas dalam hal ketersediaan listrik karna jaringan yang dilewati hanya kabel kecil dan penahan hanya dari bambu, sehingga sangat berharap agar Pemdakab Poso dapat mencarikan solusi untuk mendapatkan pasokan listrik yang normal. Debit air yang mengalir dalam 1 menit sekitar 27 liter, sehingga sangat cukup bagi kebutuhan warga setempat. Sumber mata airnyapun tersedia dalam jumlah yang banyak serta tidak terpengaruh musim kemarau sehingga volume air tetap.

Sementara itu,Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri acara syukuran atas Penggunaan Air bersih di Pantende RT 09 Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan. Didampingi oleh Dandim 1307 Poso, Wakapolres Poso, Camat Poso Kota Selatan, dan unsur Tripika Kelurah Sayo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan dihadiri oleh masyarakat Pantende.

Menurut Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutannya, ditengah padatannya pekerjaan yang harus di jalankan, berupaya memberikan waktu untuk datang berkunjung dan menyapa warga di tempat tersebut. Darmin Agustinus Sigilipu sangat bersyukur karena melalui kegiatan ini, dapat melihat langsung suatu upaya swadaya masyarakat dalam mengupayakan pemenuhan akan kebutuhan air. Hal ini harus dijadikan contoh bagi daerah lain agar mampu menemukan alternatif baru untuk terpenuhinya kebutuhan hidup.
Mengerahkan upaya sendiri dengan tidak hanya bersandar pada bantuan orang lain. Agustinus Sigilipu saat mengunjungi lokasi mata air warga Pantende, kagum dengan apa yang telah dicapai dan akan membangun tempat untuk Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) bagi warga yang ingin beraktifitas disekitar mata air.Dirinya akan membangun tempat cuci yang lebih besar agar warga dapat mencuci dengan leluasa.

Dihimbau agar sumber mata air ini dijaga keasrianya dengan tidak membuang sampah sembarangan serta selalu menjaga kebersihannya, sehingga kedepan dengan menata lokasi jadi baik, bisa saja dijadikan alternatif untuk tempat berwisata alam.
Mengutip pernyataan mantap Presiden Amerika Serikat, “Jangan Tanya Apa yang Sudah Engkau Terima dari Poso, Tapi Tanyalah Apa Yang Sudah Engkau Berikan Bagi Poso”. Membangun Poso,harus dimulai dari diri sendiri, mulailah, jangan tunggu orang lain yang mendahului. Jadikan pioner dan penggerak, maka akan banyak yang akan mengikutimu dibelakang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button