BudayaWisata

Mentri RI Kagum Terhadap FDP

POSO,Buletinsulawesi.com- Festival Danau Poso (FDP) dengan berbagai atraksi budaya menarik pada Open Ceremonial FDP XXI mendapat apresiasi dari kemntrian Parwisata melalui Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Sekertaris Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementrian Pariwisata RI, Ratna Suranti. Festival Danau Poso (FDP) ke 21 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke 12 resmi dilaksanakan di anjungan danau Poso kota Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba pada Senin (26/08).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh pihak Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Sekertaris Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementrian Pariwisata RI, Ratna Suranti. Menurutnya, suguhan demi suguhan atraksi budaya yang ditampilkan pada pembukaan tersebut diluar dugaanya, sehingga membuatnya kagum. Selain itu juga memuji keindahan panorama Danau Poso dan pemandangan sekitar danau seperti pantai pasir putih Siuri, Air Terjun Saluopa yang bertingkat-tingkat serta peninggalan sejarah megalitikum.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah Fahrudin D.Yambas Keindahan panorama alam danau Poso sejak dahulu sudah menjadi magnet sehingga perlu dijaga dan dirawat kelestariannya. Pihaknya berharap kepada semua pihak yang terlibat didalam menyukseskan acara FDP agar selalu mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada, sehingga kedepan acara ini benar-benar terlaksana dengan sarat makna untuk menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang bertaraf internasional.

Sementara itu, tujuan Pelaksanaan FDP dari tahun ketahun menurut Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu utntuk menarik wisatwan mancanegara dan lokal sehingga Pemda berupaya menghadirkan lebih banyak mengurus kunjungan wisatawan kenegeri Seribu Megalitik Sintuwu Maroso Kabupaten Poso. Terbukti dilansir dari Wikipedia pelaksanaan FDP sejak tahun 2016 arus kunjungan wisata Poso mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun 2016 dan Tahun 2017 yang menghadirkan beberapa artis mampu mendongkrak pengunjung FDP dan Turis sampai angka ratusan ribu orang.

Statement akhir Deputi Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata Indonesia yang sangat puas atas pelaksanaan Open Ceremony FDP sehingga menjadi pertimbangan untuk tetap dilanjutkan dalam kalender Pariwisata Nasional dan dunia untuk tahun-tahun yang akan datang bersama Festival budaya lainnya di Sulawesi Tengah seperti Festival Teluk Tomini di Parigi dan Festival Pulau Dua di Luwuk. FDP ke-21 tahun 2019 ini juga di hadiri Bupati Minahasa Selatan yang sangat memuji perhelatan FDP 2019 ini.

Dalam pantauan media terlihat ribuan pengunjung dari berbagai penjuru atau daerah terlebih dahulu memadati lokasi acara pembukaan FDP, selain itu partisipasi masyarakat poso juga turut meningkat untuk memeriahkan FDP yang dapat memajukan parwisata serta perekonomian masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button