Pemerintahan

Bupati Tekankan Pentingnya Pengarus Utamaan Gender Dilakukan

POSO,Buletinsulawesi.com-Wakil Bupati Poso T. Samsuri, membuka secara resmi kegiatan Pembentukan Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Poso yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (4/4), dalam sambutannya, Samsuri mengatakan PUG merupakan salah satu tujuan strategis pembangunan nasional sesuai Inpres nomor 09 tahun 2000, selain itu juga sesuai dengan Permendagri no 15 tahun 2018 tentang sistem kelembagaan PUG di kabupaten/kota.Dengan adanya dua produk hukum ini maka pengarus utamaan Gender menjadi salah satu kebijakan arus utama yang harus dilaksanakan dalam pembangunan.

Dalam kesempatan itu, Samsuri juga mengajak semua Kepala OPD dilingkup Pemda Kabupaten Poso untuk duduk bersama menyusun kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang persektif gender melaksanakan program jangka panjang menengah nasional/daerah/kabupaten adalah hal yang sangat apresiasi jika semua OPD telah menyusun GBS, GAP dan KAK yang tidak dapat terpisahkan dengan dokumen RKA/DPA OPD Kabupaten Poso.

Selain itu Wabup juga berharap agar semua pengambil kebijakan diseluruh OPD dapat menindaklanjuti program pembangunan nasional untuk percepatan pengarusutamaan gender melalui kelompok kerja yang sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Poso dan nantinya bahan-bahan dokumen yang sudah dilapokan setiap semester akan dilanjutkan ke Gubernur Sulawesi Tengah.
Dalam penyampaiannnya Wabup juga mengatakan ketika memulai sebuah tugas banyak menemukan kendala dan masalah namun ketika sudah dijalani, selanjutnya pasti akan dapat dilaksanakan sehingga visi, misi Pemerintah Kabupaten Poso khususnya Sulawesi Tengah umumnya dapat terwujud. Untuk itu kerjasama seluruh jajaran di Pemeriintah Kabupaten Poso sangat dibutuhkan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button