Hukum dan KeamananPolitik

Polres Poso Gelar Deklarasi Damai Untuk Pemilu 2019

TNI Siap Bantu Polri Jaga Kamtibmas

POSO,Buletinsulawesi.com- Jajaran kepolisian resort Poso menggelar rapat kordinasi sekaligus Deklarasi damai untuk Pemilihan Umum 2019.Rapat kordinasi yang melibatkan unsur Pemda ,Muspida ,KPU Poso,Bawaslu ,14 pimpinan Parpol,tokoh agama dan tokoh masyarakat bertempat di Aula Andi Sappa Sudirman Mapolres Poso pada Senin (17/9/2018).

Kapolres Poso AKBP.Bogiek Sugiyarto dalam sambutannya mengatakan rapat koordinasi yang digelar tersebut dalam rangka ikut mendukung proses pesta demokrasi di Poso sehingga berjalan dengan baik.Menurutnya untuk memberikan jaminan keamanan ,Polres juga akan melaksanakan operasi Mantap Brata mulai 20 September 2018 dangan melibatkan sedikitnya 600 personil Polisi sehingga Sitkamtibmas dapat terjaga dengan baik.

‘’ Berkaitan dengan pelaksaanaan Pemilu nantinya bukan hanya menjadi tugas dari TNI-Polri saja melainkan merupakan sebuah komitmen kita semua bersama seluruh unsur penting lainnya dalam masyarakat,’’ Ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan,mengingat pelaksaanaan Pemilu 2019 nantinya akan dirangkaikan dengan Pilpres, Pileg maka potensi ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan keamanan akan dicegah sehingga tidak menimbulkan masalah yang bisa merusak tahapan pelaksanaan Pemilu di kabupaten. Poso.Diakuinya, selain rapat kordinasi,dalam kesempatan yang sama pihaknya juga bersama seluruh unsur terkait gelar deklarasi damai untuk menyatukan komitmen untuk Pemilu yang damai,tentram dan adil.

‘’ Dengan adanya kegiatan ini, saya bersama unsur TNI serta seluruh unsur yang terkait punya harapan bersama ,semoga pelaksanaan Pemilu di kabupaten Poso dapat berjalan dengan aman dan sukses,’’ Tegas Akbp Bogiek.

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Poso Drmin Agustinus Sigilipu yang diwakili oleh staf ahli bagian Hukum Rudi Rompas ikut menambahkan jika semua pihak harus menghormati serta menjunjung tinggi peraturan terkait pelaksanaan Pemilu ,termasiuk deklarasi damai ini ditujukan bagaimana pelaksaanaan dapat terlaksana dengan baik.Pemda berharap beberapa tahapan Pemilu yang sedang berlangsung sampai dengan saat ini merupakan tanggung jawab kita secara bersama – sama tanpa harus mengedepankan rasa ego.

‘’ Saya apresiasi kepada jajaran Polres Poso bersama Kodim 1307/Poso dalam mendukung terciptanya Sitktibmas yang aman dan damai beserta dukungan seluruh pihak sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 nantinya dapat berjalan dengan sukses dan aman,’’ Ungkap Rudi Rompas.

Setelah berlangsung selama 1 jam,rapat koordinasi ditutup dengan acara pembacaan deklarasidamai Pemilu 2019 yang dibagakan langsung oleh ketua Bawaslu kabupaten Poso Abdul Malik Saleh yang diikuti secara bersama oleh seluruh peserta rapat. Usai pembacaan deklarasi,seluruh rangkaian kegiatan enandatanganan spanduk deklarasi o;eh seluruh peserta,mulai Kapolres Dandim,ketua Parpol,KPU ,Bawaslu ,DPRD dan Pemda.

Penandatanganan spanduk Deklarasi dan foto bersama sebagai wujud pernyataan dukungan untuk terlaksananya Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk oleh Forkopimda bersama unsur tokoh terkait serta pengurus Parpol.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button