HeadlinePemerintahanSosial

Sembilan Pengunsi Warga Poso yang Terdampak Konflik Wamena Tiba

Pengunsi Apresiasi Langkah Pemda Yang Telah Mefasilitasi Mereka

POSO,Buletinsulawesi.com- Pemda Kabupaten Poso terus berupaya memulangkan 109 warga Poso yang selama ini tinggal serta bekerja di Kabupaten Wamena, Papua . Karena dampak konflik sosial yang terjadi di Wamena pada 23 September lalu, warga tersebut dipulangkan setelah sebelumnya sempat ditampung di pengungsian Kota Jayapura. Setidaknya sembilan orang warga Poso pada kloter pertama, telah tiba dinihari dengan selamat serta bertemu dengan kelurga yang berada di Desa Mayoa,Pendolo serta Meko.

Pemda Poso memperhatikan secara serius warganya yang terkena dampak konflik sosial di Wamena, mulai dari transportasi, makanan hingga pemerikasaan medis kemudian diserahkan kepada kelurganya masing-masing. Selain itu penanganan pengungsi warga Poso yang ada di Wamena merupakan instruksi langsung dari Bupati Poso. Pemda telah membentuk tim pemulangan pengungsi, mulai dari pendataan, penjemputan di Makassar, hingga fasilitas penginapan telah disediakan.

Seluruh pengungsi asal Poso di Wamena akan dipulangkan dalam tiga gelombang. Gelombang pertama berjumlah sembilan orang dan sudah tiba Poso senin dinihari (07/10/2019) melalui jalur darat dari Makassar menggunakan bus Pemda. Untuk gelombang kedua 45 orang dan gelombang ketiga 55 orang akan dipulangkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI-AD.

Sementara itu Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, sembilan orang pengunsi telah tiba dirumah keluarganya masing-masing dengan selamat sesuai dengan permintaan mereka dan telah terdata melalui kepala desa serta camat setempat. Selain itu pemerintah berupaya membantu para pengunsi.

“Pengunsi bejumlah sembilan orang telah tiba serta diantar dirumah keluarganya masing-masing sesuai permintaan mereka dan itu telah tercatat, sementara untuk bantuan kita upayakan sesuai dengan tahapan yang ada. Saya imabau para pengunsi tetap berdoa serta menghadapi cobaan,jagan sampai terprovokasi oleh orang tidak bertanggung jawab dan ini merupakan konflik sosial” Kata Bupati

Para pengunsi merasa terbantu dengan tindakan atau langkah yang dilakukan oleh pihak Pemda Poso terutama Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang telah mengambil langkah cepat dengan membentuk tim pemulangan pengungsi, penjemputan di Makassar, Komsumsi selama diperjalanan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button