Pemerintahan

Pelan Tapi Pasti, Bukti Kerja Keras Pemerintah Poso

Kemenkeu RI Kagum Perolehan WTP Poso

POSO,Buletinsulawesi.com- Bukti Pemda Kabupaten Poso terus berbenah, sehingga mendapatkan penilain yang lebih bagus serta diakui oleh Pemerintah Pusat dengan memberikan Piagam Opini WTP dari Menteri Keuangan RI. Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Provinsi Sulawesi Tengah, rabu pagi 16 Oktober 2019, di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso.

Acara ini sekaitan dengan dilaksanakannya Penandatanganan MOU tentang Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah antara Bupati Poso dan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Kanwil DJPb Kemenkeu RI Provinsi Sulteng Irfa Ampri mengakui bahwa capaian opini terbaik ini tidak semata-mata disajikan oleh laporan keuangan yang baik tapi juga ditopang dengan adanya efektivitas sistem pengendalian intern serta kepatuhan terhadap Undang-Undang. Ia juga menambahkan bahwa dalam Penyelesaian LKPD yang paling utama adalah adanya komitmen kepala daerah.

“Kabupaten Poso merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang mendapatkan penghargaan ini dan telah menggunakan aplikasi E-SDGs yang memuat data indikator pencapaian dan target RAD-TPB/SDGs serta aplikasi E-Budgeting untuk mengawal regulasi, mendorong transpransi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah” Katanya

Menanggapi hal tersebut, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan bahwa opini WTP yang diraih oleh Kabupaten Poso saat ini bukanlah tujuan akhir, melainkan bagaimana Pemda berupaya dalam pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik tersebut juga digunakan sebagai informasi sebagai masukan atau feedback bagi perencanaan penganggaran selanjutnya.

“Penghargaan ini kami syukuri bersama dan akan kami jadikan motivasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke depan demi masa depan masyarakat Kabupaten Poso” ucap Bupati Darmin.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kanwil DJPb Kemenkeu RI Provinsi Sulteng, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Samuel Wunda, SE, Kepala KPPN Poso Trimo Yulianto dan seluruh Pejabat di Lingkup Pemda Poso.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button