HeadlineHukum dan KeamananSosial

Warga Pedesaan Poso Lakukan Penyemprotan Disinfektan Kepermukiman

POSO- Sejumlah pemerintah desa di wilayah Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah dan masyarakatnya berinisiatif melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke permukiman warga dan fasilitas publik di wilayah tersebut.

Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) seadanya mereka secara bergotong royong melakukan penyemprotan guna memutuskan mata rantai penyebaran Coron avirus Disease tahun 2019 atau Covid-19.

Meski sejumlah warga serta aparat desa hanya menggunakan APD dan tangki sprayer seadanya, tetap semangat melakukan penyemprotan dirumah-rumah warga tanpa terkecuali, demi memutus mata rantai covid-19 yang akan masuk di desa mereka.

Seperti yang terlihat di wilayah Desa Bega Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, dilakukan penyemprotan disinfektan secara massal di permukiman warga, tempat duduk di tepi jalan serta di rumah ibadah seperti masjid.

Kegiatan itu dilakukan belasan aparat desa bersama warga yang dipandu langsung oleh kepala desa, kapolmas serta babinsa setempat. Penyemprotan difokuskan di tempat-tempat yang sering disentuh, sehingga dapat mencegah penyebaran virus covid-19.

Selain itu barang yang masuk dari luar desa, harus melalui penyemprotan terlebih dahulu sebelum disentuh masyarakat. Seperti tabung gas elpiji, terlebih dahulu dijemur di depan pangkalan untuk dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dimasukan dalam pangkalan. Kegiatan berkumpul seperti bisanyapun telah dilarang, biasanya saat tiba tabung gas elpiji ibu-ibu antri mendapatkan gas, namun kini ditidak adakan.

Ketua BPD Desa Bega, Amirulla Duri, mengatakan penyemrotan dilakukan bersama masyarakat dan aparat desa yang didampingi kades, polmas serta babinsa untuk mencega penyebaran Covid-19.

“Penyemprotan difokuskan di rumah warga serta di tempat-tempat umum seperti masjid serta balai desa. Warga yang masukpun harus terdata dan diwajibkan melapor di posko desa agar bisa terdeteksi serta alamat tujuan mereka, sehingga mempermudah pemantauan,” tandasnya.

Sebelumnya Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu telah memerintahkan agar seluruh kecamatan serta desa melakukan penyemprotan dan membuat posko didaerahnya masing-masing, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button