KesehatanPemerintahan

Perawat Poso yang Terjangkit Covid 19 Sembuh

POSO- Satu perawat yang dua pekan lalu dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Poso, berinisial Novri Malimpu (33) tahun dinyatakan sembuh. Sehari-hari Novri bertugas di RSUD Poso
Bupati Poso, Darmin Sigilipu yang juga ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso mengucapkan rasa syukurnya atas kesembuhan pasien Covid-19 ini.
“Kita ucapkan syukur, satu pasien positif corona yang ada di Poso telah dinyatakan sembuh,” kata Bupati Darmin saat menggelar konferensi pers, Senin (11/05/20) kemarin. Dengan demikian, jumlah pasien Covid 19 di kabupaten Poso saat ini tinggal 5 orang.
dr.Marwan, mengatakan, sebelum dinyatakan sembuh, hasil tes Novry terlebih dahulu di tes SWAB PCR sebanyak 2 kali dan keduanya menunjukkan hasil negatif.
“Kami menyampaikan bahwa pasien ini dari dua kali tes SWAB hasilnya negatif, sehingga kami nyatakan pasien itu kini telah sembuh,” jelasnya. Sementara lima pasien positif corona yang lain masih dirawat di beberapa tempat, yakni RSUD Poso dan Rumah Sakit Rujukan Hotel Wisata. Kondisi mereka dilaporkan baik dan stabil.
Selain 1 pasien sembuh, tim gugus tugas menyampaikan adanya tambahan 5 orang pasien status PDP yang berasal dari Lore Utara 4 orang dan 1 orang dari Lore Timur. Kelimanya kini dirawat di RSUD Anutapura.
Dari hasil rapid tes kelima orang  ini dinyatakan positif. meskipun untuk menentukan apakah mereka memang benar-benar positif covid-19 masih akan menunggu hasil SWAB PCR. Dari keterangan dr Marwan Neno, diketahui Lima orang tersebut merupakan bagian dari klaster Gowa, Sulsel.
Bupati Poso, Darmin Sigilipu yang juga ketua Gugus Tugas Covid-19 Poso menambahkan, sebelum lima orang PDP Poso tersebut dinyatakan rapid tes positif, ada 47 warga Poso yang juga dilakukan rapid test, dari jumlah itu hanya 5 yang dinyatakan positif.
Mengapa kelima warga Poso itu dirawat di RSUD Anutapura Palu? Bupati Darmin menjelaskan, pada Kamis lalu (7/5/20) saat dilakukan penjemputan kondisi jalan untuk menuju kota Poso dari arah Lore rusak parah, sehingga pihak Gugus Tugas Covid-19 Poso berinisiatif membawa lima PDP tersebut ke kota Palu.
“Alasan di rawat di Palu, karena saat PDP dijemput di Lore kondisi jalan untuk berangkat ke Poso sulit, akses jalan yang rusak, sehingga mengambil jalan bagus ke kota Palu,” ujar Bupati ¬†Darmin.
Saat ini untuk kasus positif covid-19 di Poso menjadi lima orang, setelah satu pasien dinyatakan sembuh. Jumlah OTG 96 orang, selesai dipantau 88 orang, saat ini dipantau 8 orang.
Untuk jumlah ODP sebanyak 19 orang , selesai dipantau 17 orang, meninggal 1 orang bukan covid-19, saat ini dipantau 1 orang disolasi mandiri dirumah masuk wilayah kerja Puskesmas Lage
Sementara perkembangan pelaku perjalanan mulai berkurang, saat ini pelaku perjalanan total 7527 orang, selesai dipantau 6720 orang dan saat ini dipantau 807 orang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button