Pemerintahan

Seluruh Pasien Positif Covid-19 di Poso Telah Sembuh

POSO- Seluruh pasien positif covid-19 di Kabupaten Poso, telah dinyatakan sembuh setelah pada hari Sabtu 13 Juni 2020 lalu, pasien nomor 03 berinisial AW asal Pamona Selatan dinyatakan sembuh. Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Poso, dokter Marwan Neno mengatakan, setelah hasil SWAB PCR menunjukkan hasil negatif maka AW sudah dibolehkan pulang setelah menjalani perawatan di RSUD Poso selama 52 hari lamanya.

Sebelumnya tanggal 7 Juni 2020 lalu ada tiga orang pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Poso terlebih dahulu dipulangkan, setelah dinyatakan sembuh dari covid-19 berdasarkan hasil evaluasi SWAB. Ketiga pasien itu adalah pasien 010 pria I asal Kecamatan Pamona Selatan, pasien 011 yang merupakan seorang perempuan berusia 45 tahun dan pasien 012 yang berasal Kecamatan Lore Utara. Pasien 011 dan 012 merupakan ibu dan anak.

Dari 12 kasus covid-19 yang telah sembuh itu, sebanyak sepuluh pasien dirawat di RSUD Poso dan dua pasien dirawat di RSUD Anutapura Palu, kini Kabupaten Poso dinyatakan nol kasus Covid-19. Saat ini Gugus Tugas Kabupaten Poso tengah menunggu hasil pemeriksaan spesimen SWAB PCR milik 59 orang warga kabupaten Poso untuk di uji hasil swab di laboratorium Makassar. Dari 59 spesimen itu, sebanyak 54 milik orang dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) ditambah beberapa pasien orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Meskipun kabupaten Poso bisa dikatakan nol kasus Covid-19 saat ini, namun dokter Marwan meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan sesering mungkin. Dokter Marwan juga menyoroti masih banyak masyarakat yang berkumpul tanpa ikuti protokol kesehatan. Menurut dia hal itu bisa menyebabkan timbulnya potensi penyebaran covid-19.

Banyaknya orang kini mulai melonggarkan kebiasaan memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan karena keliru menilai apa yang dimaksud dengan new normal atau kenormalan baru. Padahal kenormalan baru itu adalah berkegiatan dengan mematuhi protokol kesehatan yakni jaga jarak, pakai masker, cuci tangan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button