Hukum dan KeamananPolitik

2/3 Kekuatan Polres Poso Digeser Amankan 510 TPS Pilkada Serentak 9 Desember

POSO – Kepolisian daerah Sulawesi Tengah Polres Poso pada pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng serta Bupati dan wakil bupati Poso pada hari pencoblosan 9 desember 2020, mendatang akan menerjunkan 2/3 dari kekuatannya untuk mengamankan 510 TPS yang ada di 19 kecamatan di kabupaten Poso.

” Iya sesuai dengan rencana operasi perkuatan yang kami gelar sekitar dua per tiga dari kekuatan Polres yang akan digeser H min dua ke PPK dan pada hari H di TPS,” sebut Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi kepada wartawan usai memimpin apel gelar kesiapan pasukan pengamanan TPS Pilkada serentak 2020 di halaman Mako Polres Poso sabtu, 5/12 pagi

Kapolres juga mengatakan selain petugas pengamanan di TPS pihaknya menyiapan sejumlah personil pengamanan yang di akan ditempatkan di beberapa rayon untuk mengantisipasi gangguan kamtimas yang terjadi saat pilkada berlangsung.

“Kami juga tempatkan aparat keamanan di wilayah-wilayah yang sewaktu-waktu terjadi gangguan keamanan saat hari H, ” ujar Kapolres.

Dia juga mengatakan jika pengamanan di TPS dibagi dalam tiga kategori. Kategori aman, rawan dan sangat rawan serta pola pengamanannya sesuai kategori itu. Untuk pengamanan di wilayah kategori sangat rawan kami juga telah antisipasi pengamanannya dan nanti kami akan dibackup oleh Polda Sulteng, Brimob termasuk dari rekan-rekan TNI.

“Untuk TPS yang sangat rawan yang berada di wilayah operasi Tinomba kami akan atensi selain kami telah menyiapkan personil pengamanannya, kami telah berkoordinasi dengan pihak Satgas Tinombala dan kami akan dibackup pengamanannya oleh personil satgas dalam operasi mantap Brata 2020,” pungkas Kapolres.

Sementara itu Dandim 1307/Poso Letkol Inf. Gusti Marrayasa, mengatakan pihaknya siap membackup pengamanan pilkada serentak 2020.

“Pada dasarnya kami siap membantu amankan pelaksanaan pilkada serentak 2020 Di Poso,” tegas Dandim.

Terkait dengan kesiapan pelaksanaan pilkada di Poso, Pjs. Bupati Poso Arfan mengaku sesuai hasil rapat koordinasi bersama Forkopimda dan penyelenggara pilkada pelaksanaan pesta demokrasi pilkada serentak di Poso pada 9 desember nanti telah rampung dan siap.

“Intinya pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Poso siap digelar. Pihak OPD dan Pol PP siap terlibat mengamankan pilkada. Sedangkan untuk wilayah-wilayah yang sering longsor saat musim penghujan yang sering mengganggu transportasi pemda melalui OPD terkait siap mengatisipasi dengan alat berat serta berkoordinasi dengan pihak Provinsi. Pada dasarnya di wilayah kabupaten Poso siap di gelarpilkada serentak dengan jujur, adil dan berintegritas serta mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemo covid-19 ini, ” tutupnya. (Dy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button