PemerintahanPolitik

Verna Gladys Merry Ingkiriwang Jadi Bupati Perempuan Pertama di Poso

PALU- Bupati dan Wakil Bupati Poso Terpilih pilkada serentak 2020 dr. Verna Gladys Merry Ingkiriwang dan M. Yasin Mangun S.Sos resmi dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. Selain itu juga Gubernur melantik Walikota dan Wakil Walikota Palu bertempat di Gedung Djokodidi Convention Center Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (26/02/2021).

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, pengucapan kata-kata pelantikan, penandatanganan dan pemasangan tanda pangkat bupati. Setelah pelantikan para Bupati dan Wakil bupati, dilaksanakan pula pelantikan Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Tengah.

Rangkaian pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota dilakukan serentak dengan Kabupaten dan Kota lainnya, yaitu Kabupaten Poso, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Toli-toli, Kabupaten Sigi dan Kota Palu lalu di lanjutkan dengan pelantikan istri Wakil Bupati Poso Ny Nur Afni Rohania Baretha sebagai Ketua TP-PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Poso.

Ada yang unik pada pelantikan Bupati, Wakil Bupati, Walikota serta Wakil Walikota kali ini. Dimana dalam prosesi pelantikan ini terdapat Srikandi yang menjadi kepala daerah. Ia adalah dr. Verna Gladys Merry Ingkiriwang, satu-satunya wanita pertama yang mencatat sejarah sebagai Bupati perempuan pertama di Kabupaten Poso.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang telah resmi menerima tonggak estafet kepemimpinan untuk mengabdi, melayani masyarakat dan membangun daerahnya masing-masing sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sehubungan dengan Pandemik covid19, Gubernur Sulteng selalu menekankan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid19.

Selain itu Gubernur berharap kiranya Bupati dan Walikota beserta para wakilnya dapat menjalankan mandat yang telah diterima dengan jiwa ksatria, berintegritas, keikhlasan dan bertanggung jawab serta kiranya dapat merangkul semua kalangan dan kepentingan yang ada diwilayahnya mengingat masa kontestasi Pilkada sudah berakhir dan kini saatnya untuk kembali bersatu serta bersinergi membangun daerah, ungkap Gubernur Longki.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button