Ekonomi

Dengan Program TMMD, TNI Berusaha Meningkatkan Perekomian Warga Desa Doda

Dari Segi Pertanian Hingga Parwisata

POSO,Buletinsulawesi.com-Upacara Pembukaan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102, (10/07).Bertempat di lapangan Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menjadi Inspektur upacara pada kagiatan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa. Didampingi Kasrem 132 Tadulako, FKPD Kabupaten Poso, para Kepala OPD.
Hadir tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, perempuan dan tokoh adat. Diikuti pula oleh pelajar SD dan SMP, ASN Kecamatan Lore Tengah serta anggota TNI dan anggota Polisi.

Pemeriksaan pasukan oleh Wakil Bupati Poso yang dilanjutkan dengan Laporan kesiapan TNI Manunggal Membangun Desa, dibacakan oleh Komandan Satuan Tugas Letkol Dody Triohadi, M.Si. Waktu pelaksanaan kegiatan, dimulai pada tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus atau selama 30 hari, tempat Desa Doda. Adapun sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini meliputi:sasaran fisik, yang terdiri atas pengerjaan penimbunan jalan baik jalan desa maupun poros jalan kantong produksi serta pengerjaan fisik lainnya.

Sementara untuk kegiatan non fisik meliputi: penyuluhan kesehatan dan pelayanan kesehatan gratis, pengendalian penduduk, mencegah radikalisme, kamtibmas, pertanian, bakti sosial, pelayanan kesehatan juga bagi hewan (vaksinasi rabies untuk anjing), nonton bareng film perjuangan dan berbagai macam kegiatan lainnya yang nantinya dapat meningkatkan animo masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Selanjutnya dilakukan penandatanganan naskah program TMMD antara Bupati dan Komandan Satgas serta penyerahan program TMMD dari Bupati Poso kepada Komandan Satgas.

Amanat Inspektur Upacara, menyatakan bahwa salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyatnya adalah melalui pelaksanaan TMMD.

TNI bersama masyarakat bersatu padu dalam budaya gotong royong untuk membangun desa sesuai sasaran lokasi yang sudah ditentukan. Bukan hanya pada pekerjaan fisik saja, namun juga pada kegiatan non fisik yang keselurahnnya ditujukan untuk masyarakat.

Wakil Bupati Poso berharap agar seluruh masyarakat Desa Doda mendukung kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Sebagai wujud syukur karena merupakan desa sasaran pelaksanaan TMMD tahun 2018. Interaksi sosial yang terjadi dalam kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat agar bersemangat memacu peningkatan ekonomi keluarga. Disamping untuk mewujudkan kerjasama lintas sektoral yang terpadu dan berkesinambungan.

Wakil Bupati Poso berharap melalui program ini kita tingkatkan sinergitas dan kerja sama antara TNI, POLRI, Lembaga Kementrian, Lembaga Pemerintah Non Kementrian, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat untuk mewujudkan percepatan pembangunan di pedesaan menuju masyarakat yang damai, adil dan sejahtera. Semangat dan kesungguhan kita dalam memperhatikan pembangunan yang merata disetiap wilayah, khususnya daerah-daerah tertinggal terpencil dan terisolasi. Dengan program ini kemanggulan TNI bersama masyarakat akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Memantapkan rasa Nasionalisme dan wawasan Kebangsaan serta memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap bentuk ancaman sesuai dengan agenda pemerintah daerah.

Program ini merupakan sarana untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan yang penting adalah bagaimana memantapkan kesadaran membangun karakteristik masyarakat Kabupaten Poso dengan gotong royong dan cinta lingkungan.

Semoga dari kegiatan ini kita dapat terus memadukan dan mensinergikan program-program antar kementrian maupun lembaga non kementrian melalui OPD yang ada didaerah secara optimal. Hasil yang akan dicapai harus terus dijaga, dilestarikan dan dikembangan sehingga akan memberikan arti bagi generasi mendatang.

Dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dengan kepala Dinas terkait kegiatan TMMD, penyerahan bibit ikan, bibit kopi, buku perpustakaan dan sembako secara simbolis.

Penandatanganan spanduk oleh Kasrem 132 Tadulako, Wakil Bupati Poso, Anggota FKPD Kabupaten Poso, para pimpinan OPD, anggota DPRD Kabupaten Poso dan Propinsi Sulteng, para Kasi Korem 132 serta seluruh undangan yang lain termasuk peserta upacara. Pernyataan sikap masyarakat Lembah Behoa untuk melaksanakan Program Nasional RI, GERMAS.

Menutup rangkaian acara, ditampilkan yel-yel dari Lansia Desa Doda dan dilanjutkan dengan senam lansia. Penampilan seni bela diri Yong Modo. Penampilan tarian adat dan dero masal, selanjutnya Wakil Bupati Poso Mengunjungi stan tempat pelaksanaan kegiatan bakti sosial, diantaranya tempat sunatan masal, penukaran kupon gratis untuk mendapatkan sembako serta pelayanan kesehatan.(FIR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button