Pendidikan

TMMD Turut Bangun Minat Baca Murid Sekolah Dasar di Bariri

POSO,Buletinsulawesi.com-Program TMMD yang dilaksanakan di kecamatan Lore Tengah bukan hanya melaksanakan pembangunan fisik saja, tapi juga meningkatkan kecerdasan generasi muda di wilayah itu. Salah satunya menumbuhkan minat baca anak-anak lewat perpustakaan keliling.

Sertu Hamdani yang merupakan Babinsa di Koramil 1307-10 Napu membawa buku pada hari Sabtu 14 Juli lalu ke sekolah dasar negeri Bariri, kecamatan Lore Tengah. Sekitar 39 murid di sekolah ini menyambut antusias kedatangan buku yang dibawanya menggunakan motor itu.

Kehadiran perpustakaan keliling di wilayah terpencil seperti Lore Tengah menjadi sangat penting, mengingat keterbatasan bahan bacaan bagi anak-anak diwilayah itu. Bahkan di kota Poso pun, hingga kini belum ada toko buku yang menyediakan bahan bacaan berkualitas bagi anak-anak.

Perpustakaan keliling di Lore Tengah bukan hanya menyasar anak-anak SD saja, sehari sebelumnya, yakni hari Jumat 13 Juli 2018, Kopka Daen Parantean juga menyambangi pelajar SMPN 1 Lore Tengah dengan buku yang diboncengnya.

Di sekolah dengan murid sebanyak 65 orang itu, buku-buku dibuka dari boks untuk dibaca oleh para murid yang begitu antusias menunggu kedatangan perpustakaan keliling ini. Perpustakaan keliling oleh TNI di Poso sudah digagas sejak tahun lalu oleh Danrem 132 Tadulako pada saat itu yakni Brigjen Saleh Mustafa.

Program perpustakaan keliling di wilayah Lore Tengah yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD ini tentu saja memberikan kontribusi menambah pengetahuan dan wawasan pelajar yang ada disana. Ditengah masih minimnya sumber-sumber referensi dalam membangun pengetahuan yang lebih luas.(Fir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button