Hukum dan Keamanan

Pengukuhan Satgas Saber Pungli Kabupaten Poso

POSO,Buletinsulawesi.com- Bupati Kabupaten Poso Darmin A. Sigilipu memimpin apel bersama di lingkungan Pemda Kabupaten Poso yang dirangkaikan dengan pengukuhan Satgas Saber Pungli Kabupaten Poso Tahun 2019, Senin pagi, di halaman kantor bupati poso. (28/01/19)

Kegiatan ini, di hadiri oleh beberapa kepala Instansi terkait antara lain Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto, S.H.,S.I.K, Kasubden POM Kapten I Gusti Nyoman Darmayasa, Sekda Kab. Poso Yan Edward Guluda, SH.,MH, Serta peserta apel Yang berjumlah sekitar 700 orang.

Dalam kata sambutannya, Bupati Poso mengatakan, pelaksanaan pengukuhan pengukuhan Satgas Saber Pungli Kab. Poso merupakan realisasi dari Peraturan Presiden RI nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Instruksi Mendagri nomor 180/3935/SJ tanggal 24 Desember 2016 tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Keputusan Bupati Poso nomor 188.45/1225/2016 tanggal 20 Desember 2016 tentang pembentukan unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar tingkat Kab. Poso.

Menurut Bupati Poso, pengukuhan Satgas Saber Pungli ini diharapkan dapat menghentikan pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya, dikenakan atau dipungut di lokasi, atau pada kegiatan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan. Jika praktek Pungli ini dibiarkan maka dapat berakibat fatal dan bisa menghambat jalannya pembangunan.

Selain itu, pengukuhan satgas ini juga merupakan bagian dari Kekompakan semua instansi terkait dalam memerangi KKN di Kab. Poso

Melalui kesempatan ini juga Bupati Poso dalam sambutannya mengapresiasi Inspektorat Kab. Poso dengan menyelesaikan pemeriksaan hasil tindak lanjut internal OPD secara utuh, sehingga langkah ini diharapkan dapat membuahkan hasil penilaian opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) pada laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran APBD kita kedepannya.

Bupati Poso mengharpakan dengan terbentuknya Satgas Saber Pungli Poso, instansi yang terlibat dalam pelayanan publik untuk menyamakan visi misi dalam mencegah dan meniadakan segala bentuk kegiatan pungli dalam pelayanan Masyarakat, karena Tim Satgas Saber Pungli Kab. Poso sudah terbentuk dan siap bertindak bila menemukan adanya kegiatan pungli dalam pelayanan Masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button