Hukum dan KeamananSosial

Polres Poso Lakukan Latihan Penanganan Bencana

POSO,Buletinsulawesi.com- Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Poso, pihak kepolisian Polres Poso melakukan latihan penanganan bencana serta pengeceka peralatan saat terjadi bencana alam. Latihan penanganan bencana alam dan korban banjir yang dilangsungkan Objek Wisata Pantai Imbo sekaligus melatih fisik personel pada Sabtu(11/01/20).

Mengingat bahwa di musim penghujan ini masyarakat harus selalu waspada, utamanya angin kencang, tanah longsor serta banjir. Hal tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam yang sekarang ini terjadi di beberapa tempat di wilayah indonesia.

Untuk wilayah Kabupten Poso sendiri diketahui sebagain merupakan pesisir, perairan serta danau sehingga perlu diwaspadai. Puluhan peserta diajari cara berenang yang efisien dalam upaya mengevakuasi korban tenggelam. Tidak hanya itu, mereka juga diajari cara mengoperasikan prahu karet dengan menggunakan mesin dan dengan cara mendayung.

Menurut Kapolres Poso AKBP Darno, bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Sehingga harus dilakukan latihan fisik personel serta pengecekan peralatan yang akan digunakan nantinya. Walaupun personel tidak tergabung dalam satgas tetap wajib mengetahui tanggap bencana agar bisa membantu jika hal tersebut terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Ini sebagai langkah antisipasi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir atau bncana alam lainya, dengan adanya latihan ini, anggota Polri mampu melaksanakan tugas-tugas pertolongan dan penyelamatan korban tenggelam,”Kata Kapolres.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button