Tak Berkategori

Cegah Covid-19,Pemkab Poso Siapkan Rp2,4 Miliar untuk APD dan Intensif Tenaga Medis

POSO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menganggarkan dana sebesarRp 2,4 miliar untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan intensif tenaga medis dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona atau covid-19 di daerah ini dari anggaran sebesar Rp. 3,5 miliar.

Anggota Gugus Tugas Pencegahan dan Penaanggulangan Covid-19 Kabupaten Poso yang juga Sekretaris BPBD Kabupaten Poso, Musdar menjelaskan , anggaran tersebut telah dibicarakan secara bersama baik dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dengan DPRD Kabupaten Poso oleh Bupati Poso, Darmin Agistinus Sigilipu belum lama ini.

“Untuk sisanya dicadangkan sebagai dana tak terduga yang tersimpan di bagian keuangan dan digunakan sewaktu waktu jika diperlukan, ” katanya ,saat ditemui dikantornya Selasa (31/3/2020) sore.

Dia menambahkan, saat ini APD yang ada dan merupakan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Sulteng baru sebanyak 50set berupa baju plastik yang diperuntukan bagi Rumah Sakit Poso dalam menangani covid-19.

“APD yang ada belum mencukupi makanya kita anggarkan dari dana yang ada,.Idealnya kita membutuhkan sekira 500set APD untuk disebar di puskesmas-puskesmas yang ada di 19 kecamatan. Karena puskesmas menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus covid-19 jika ditemukan di daerah ini, ” tandasya.

Dia menyebutkan, pihaknya memastikan seluruh perangkat kerja terkait dengan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Poso, berjalan sesuai dengan SOP pencegahan Covid-19.

Bahkan kata dia, pihaknya bersama TNI dan Polri serta intansi terkait terus melakukan pencegahan atas penyebaran covod-19 dengan cara penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah fasilitas publik seperti pasar, ruang terbuka hijau (RTH), rumah sakit dan lapangan.

” Kami juga terus memberikan informasi dan imbauan terkait pencegahan covid-19 ,dengan menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan berdiam diri di rumah, untuk.memutus penyebaran virus corona,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button