Pemerintahan

42 Orang Positif Covid 19 di Sulteng

6 Orang Dari Poso

POSO- Data terbaru dari dinas kesehatan provinsi Sulawesi Tengah dan Pusdatina Sulteng menyebutkan hari ini, Selasa 28 April 2020 tercatat 42 orang dinyatakan positif Covid 19. Jumlah ini bertambah 6 orang dibanding sehari sebelumnya.

Dalam rilis yang diterima redaksi buletinsulawesi.com, juru bicara Pusdatina Sulteng, Mohamad Haris Kariming mengatakan, sebanyak 3 kasus baru pasien positif berasal dari kabupaten Poso.

Sementara itu juru bicara gugus tugas kabupaten Poso, dr Marwan Neno membenarkan adanya 3 kasus baru Covid 19 diwilayahnya. Dia menyebutkan, dari 3 pasien baru itu, satu orang adalah perawat, satu orang dokter dan satu orang warga biasa.

Dengan penambahan 3 pasien ini maka di kabupaten Poso, tercatat ada 6 kasus positif. Dokter Marwan mengatakan, dua orang pasien baru ini dirawat di RS darurat Covid 19 dan satu lagi melakukan perawatan mandiri. Sebelumnya ketiga orang adalah mereka yang masuk kategori OTG atau orang tanpa gejala.

Orang Tanpa Gejala atau OTG sebanyak 63 orang. Mereka yang berstatus OTG tersebar di wilayah sebagai berikut :32 orang di kecamatan Poso Kota Utara, 5 orang di kecamatan Poso Kota, 3 orang di kecamatan Poso Kota Selatan, 2 orang di kecamatan Pamona Puselemba, 2 di kecamatan Lage, 5 di kecamatan Poso Pesisir, 13 di kecamatan Pamona Selatan, 1 di kecamatan Pamona Tenggara.

Selain kasus positif Covid 19 di Poso, di daerah lain tercatat ada penambahan juga, yakni di kabupaten Buol 1 orang dan di RSU Madani Mamboro Palu 2 orang. Selain mereka yang dinyatakan positif, ada pula kabar gembira. Di Sulawesi Tengah saat ini tercatat 5 orang yang berstatus PDP dinyatakan sembuh. 4 orang diantaranya adalah kluster Morowali Utara yang terkait dengan mantan Bupati Morut, sementara 1 orang adalah pasien yang dirawat di RSU Undata

Selain informasi kasus positif Covid 19 dan pasien PDP, terdapat  jumlah ODP baru sebanyak 13 orang. Yang selesai masa ODP 4 orang. Adapun total ODP sebanyak 193 orang. Sementara PDP sebanyak 46 orang. Ada 5 orang di kategori PDP ini yang Selasa 28 April 2020 dinyatakan sembuh.

Sebelum bertambah menjadi 6 orang, pada 21 April lalu, gugus tugas kabupaten Poso mengumumkan adanya 12 orang yang dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test. Namun hasil pemeriksaan itu masih harus menunggu pemeriksaan dengan metode PCR yang dilakukan di laboratorium di Makassar.

Di Indonesia, situs resmi pemerintah, di covid19.go.id hingga 28 April 2020  mencatat, jumlah kasus positif covid 19  sebanyak 9,511 orang. Terdapat 415 kasus baru yang dilaporkan sore ini. Jumlah yang meninggal sebanyak 775 orang. Yang sembuh 1,254 orang.  Sementara yang dirawat 7,484 orang.

Berdasarkan data WHO saat ini terdapat 213 negara di dunia terdapat kasus positif covid-19.  Data coronavirus-map.com siang ini menunjukan, sebanyak 3,050,308 orang terinfeksi Covid-19. Sebanyak 211,326 orang meninggal dunia, sebanyak 896.196 orang berhasil sembuh. (Pian)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button