Pemerintahan

Poso Raih Penghargaan Dari Bapenas

POSO- Pemerintah  Pusat lewat kementerian PPN Bappenas memberikan penghargaan bagi kabupaten Poso yang dinilai berhasil menyusun perencanaan dan melakukan keberhasilan dalam pembangunan.

Dalam surat bernomor 04842/D.9/04/2020 perihal penyampaian hasil penilaian tahap 2 tingkat kabupaten dan kota Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2020 itu kabupaten Poso menjadi satu dari sepuluh kabupaten di Indonesia yang dinilai paling berhasil oleh pemerintah pusat. Di Sulteng untuk tingkat kabupaten hanya Poso yang mendapatkan gelar ini. Adapun Palu masuk dalam kategori kota.
Pemberian penghargaan PPD ini mulai dilakukan pemerintah pusat sejak tahun 2011 untuk mengapresiasi pemerintah daerah yang menyusun perencanaan pembangunan terbaik. Namun, mulai 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah.
Tidak mudah mendapatkan penghargaan ini, sebab penilaiannya sangat ketat karena tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga realisasi pembangunan daerah.
Penilaian dilakukan secara bertahap, melibatkan kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan.Ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Adapun kriteria penilaian mulai dari pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita, tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penganggur, tingkat kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan indikator ketimpangan rasio gini serta Indeks Ketimpangan Wilayah.

Dengan semua kriteria penilaian yang berat itu kabupaten Poso dianggap mampu mewujudkan apa yang disusun dalam dokumen perencanaannya.(Pian)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button