Hukum dan KeamananPemerintahan

Surat Bupati Darmin Kepada Presiden Mendapat Respon

POSO- Beberapa waktu lalu, Bupati Poso, Darmin A Sigilipu mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan perhatian khusus dalam penyelesaian persoalan diwilayah ini yang sudah berpuluh tahun tidak kunjung selesai, yaitu gangguan keamanan dari kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Ali Kalora.

Dalam wawancara bersama sejumlah media, Rabu 12 Agustus 2020. Bupati Darmin mengatakan, surat dia kepada Presiden berisi permintaan agar pasukan yang diturunkan ke Poso tidak hanya dari kepolisian, tetapi juga digabung dengan pasukan TNI.

Bupati mengatakan dari informasi yang diterimanya, pasukan khusus itu sudah akan berada di Poso paling cepat akhir pekan ini.

Mengapa pasukan TNI perlu dilibatkan secara khusus? Darmin mengatakan, persoalan di Poso sudah terlalu lama. Gangguan keamanan diwilayah ini tidak pernah berhenti sejak konflik pada tahun 1999 silam yang artinya sudah 21 tahun lamanya.

Karena persoalan keamanan yang tidak kunjung selesai itu, masyarakat Poso sudah greget. Bahkan Bupati mengatakan, bila negara tidak hadir dalam menyelesaikan persoalan di Poso.

“Apabila diberikan kewenangan. Saya siap memimpin masyarakat naik ke gunung untuk menghadapi kelompok bersenjata yang selama ini sudah meresahkan masyarakat khususnya petani biarpun hanya bersenjata bambu runcing”. Tegas mantan perwira Marinir berpangkat Kolonel ini. Namun tentu saja hal itu sulit dilakukan karena negara memiliki perangkat seperti TNI dan Polisi.

Meski sudah greget, namun Bupati masih berharap seluruh anggota kelompok bersenjata itu bisa turun dengan damai dan ikut membangun tana Poso dan negara secara bersama-sama dengan masyarakat yang lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button