KesehatanPemerintahan

Covid di Sulteng Hampir 2 Ribu Kasus, Di Poso Dekati Angka 200

POSO- Dalam sepekan terakhir, jumlah kasus covid19 di provinsi Sulawesi Tengah meningkat drastis. Jika pada 24 November 2020 jumlahnya1,632 kasus dengan 62 kasus kematian, maka hari Kamis 3 Desember kemarin, jumlahnya sudah mencapai 1,975 kasus. Ada kenaikan sebanyak 343 kasus hanya dalam waktu 10 hari. Demikian pula jumlah orang meninggal akibat covid19 mengalami kenaikan dari 62 orang menjadi 77 orang.

Di kabupaten Poso, data gugus tugas percepatan penanganan Covid19 menunjukkan, kenaikan jumlah kasus dari 91 orang pada 24 November menjadi 182 orang. Terjadi kenaikan 91 kasus dalam 10 hari. Adapun jumlah suspect juga bertambah dari 25 orang menjadi 111 orang.

Sejak 2 pekan terakhir di kabupaten Poso selalu ada orang yang dilaporkan terkonfirmasi positif covid19. Juru bicara satgas Covid19 kabupaten Poso dr Marwan Neno mengingatkan masyarakat Poso untuk menaati protokol kesehatan yang sering disingkat dengan 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Kecamatan Poso Kota Utara menjadi wilayah dengan jumlah kasus tertinggi di kabupaten Poso. Hingga hari Kamis kemarin, jumlah orang terkonfirmasi diwilayah ini mencapai 33 orang disusul kecamatan Poso Kota 26 orang dan Poso Kota Selatan 7 orang. Selanjutnya kecamatan Lage hingga Kamis kemarin mencatat jumlah orang terkonfirmasi positif mencapai 12 orang.

Pjs Bupati Poso, Arfan berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan terus memakai masker saat berkumpul atau bertemu dengan orang lain. Dia berharap jumlah kasus covid19 di kabupaten Poso tidak terus bertambah tinggi.

Saat ini pemerintah provinsi menetapkan kabupaten Poso berada dalam zona merah penyebaran covid19 bersama beberapa kabupaten lain seperti Morowali, Banggai dan kota Palu. Kabupaten Poso juga ditetapkan sebagai zona transmisi lokal covid19 yang artinya, penyebaran virus ini sudah antar penduduk setempat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button