Kesehatan

Jumlah Terkonfirmasi Covid -19 Kabupaten Poso Terus Meroket, Sehari Tembus 266 Kasus

POSO -Jumlah kasus terkonfirmasi positif terpapar virus korona di kabupaten Poso dari hari ke hari makin meroket. Dari Laporan Survailens ketat covid -19 Dinas kesehatan kabupaten Poso pada akhir pekan lalu jumlah terkonfirmasi positif baru mencapai 203 kasus.

Namun dari laporan Satuan tugas penanggulangan covid-19 kabupaten Poso pada minggu 17/01 total angka warga kabupaten Poso yang positif terpapar covid-19 mencapai 239 dan hari ini dari laporan Dinkes Poso 18/1 bertambah menjadi 266 orang.

Dari laporan tersebut kecamatan terbanyak warganya terpapar korona berasal dari kecamatan Poso kota dengan 194 kasus pada hari minggu. Disusul dari kecamatan Poso kota Utara juga dengan 143 dan kecamatan Poso Kota Selatan dengan 84 Kasus posituf serta kecamatanbLage juga dengan 74 orang terkonfirmasi positif.

Dari meningkatnya jumlah terkonfirmssi positif ketua Satgas covid -19 kabupaten Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengaku jika kesadaran warga masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan masih sangat kurang.

“Warga masih belum semuanya menggunakan masker jika beraktifitas di luar rumah dan masih berada dikerumuman massa, ” jelas Darmin kepada media ini.

Dia juga mengakui jika banyaknya kasus terkonfirmasi positif di kalangan ASN disebabkan oleh adanya upacara kedukaan beberapa waktu lalu yang menyedot perhatian warga dan ASN untuk menghadiri acara tersebut.

” Salah satu yang penyumbang tingginya angka positif covid juga pada kegiatan duka dan pesta serta acara lainnya yang menimbulkan kerumunan masa, ” tuturnya.

Sedangkan Sekretaris Satgas penanggunlangan Covid-19 kabupaten Poso Musdar, mengakui jika aturan atau payung hukum terkait penanggulangan covid kabupaten Poso telah ada dan disosialisasikan. Namun kalangan warga masih rendah untuk laksanakan aturan dan prokes tersebut.

“Aturan berupa surat edaran Bupati Poso dalam menanggulangi covid sudah ada, tinggal pihak Pol PP yang belum kelihatan actionnya di lapangan,” sebutnya senin,18/01.

Saat ditanyakan terkait pemberlakuan poin 6 pada edaran Bupati Poso jika peningkatan jumlah terkonfirmasi positif secara signifikan akan diberlakukan semi PSBB dan pemberlakuan jam malam, sekretaris Satgas mengaku tinggal kebijakan Pol PP.

“Sekali lagi aturan sudah ada, kami tinggal tunggu aksi dari Polisi Pamong Praja di lapangan, ” tandasnya.

Sampai naskah berita ini dirampungkan pukul 16.00 wita. Laporan perkembangan covid-19 kabupaten Poso untuk senin 18/1 belum tayang. (Dy).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button