Kesehatan

Kembali Dua Puskesmas Di Poso Tutup Karena Positif Korona

POSO- Dari laporan data survailens ketat covod -19 dinas Kesehatan Labupaten Poso edisi selasa (19/1)ternyata warga Poso, Sulawesi Tengah yang terkonfirmasi terus naik menjadi 273 orang yang positif terinveksi virus korona.

Namun dari jumlah yang terus bertambah tersebut, dinas kesehatan Poso kembali menutup dua puskesmas yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat di dua kecamatan. Puskesmas tersebut adalah puskesmas Lawangan di kecamatan Poso Kota Utara dan puskesmas Tagolu di kecamatan Lage.

Kadis Kesehatan kabupaten Poso dr. Taufan Karwur yang dimintai keterangannya terkait penutupan sarana pelayanan kesehatan itu kepada Palu Poso rabu 20/1 membenarkan adanya penutupan dua Puskesmas itu.

“Iya memang benar kami menutup dua puskesmas lagi, sebab ada beberapa nakesnya yang terkonfirmasi positif covid-19 dan merasakan gejalanya, sehingga untuk sementara ditutup,” jelas Kadis.

Dia juga menambahkan jika dalam waktu dua atau tiga hari ke depan salah satu puskesmas itu akan kembali beroperasi. Tinggal menunggu hasil swep PCRnya.

“Untuk Puskesmas Lawanga dalam waktu dekat akan kembali dibuka tinggal tunggu hasil swep mereka. Sebab begitu pelayanan di sana ditutup sejak empat hari lalu semua petugasnya langsung dilakukan swep PCR, ” sebutnya.

Sedangkan untuk Puskesmas Tagolu di kecamatan Lagi mulai ditutup hari ini, juga kasus sama ada nakesnya yang terkonfirmasi positif dan ada yang telah merasakan gejala. Itulah hari ini mereka langsung di swep PCR semuannya.

“Kalau untuk Tagolu sebagian pelayanan tutup seperti IGD tapi yang lainnya tetap dibuka. Mereka semua akan disweo PCR. Setelah ada hasilnya pelayanan kembali akan di buka. Bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di wilayah puskesmas yang ditutup bisa ke RSUD Poso. Dan warga di wilayah puskesmas Kayamanya bisa ke puskesmas Mapane. Sementara puskesmas lain yang belum ada Nakesnya terpapar dan punya gejala tetap beroperasi seperti biasa, kabupaten Poso mempunyai 24 puskesmas,” tandas dr. Taufan.

Dari data laporan Survailens ketat covid-19 dinas kesehatan Kabupaten Poso jumlah warga Poso yang terkonfirmasi positif hari senin 18/1, jumlah 266 orang. Hari selasa 19/1 naik menjadi 273 warga terkonfirmasi positif baru.

Sampai saat ini dari data satgas penanggulangan covid-19 kabupaten Poso ada 4 puskesmas yang telah ditutup akibat petugasnya positif covid -19 di antaranya Puskesmas Kawua, di kecamatan Poso Kota Selatan menyusul puskesmas Kayamanya di wilayah Poso Kota dan Puskesmas Lawanga di kecamatan Poso Kota Utara serta Puskesmas Tagolu di wilayah kecamatan Lage.

Sedangkan Organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten Poso yang masih tutup sebab pegawainya terkonfirmasi positif adalah Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Dinas keluarga berencana dan pengendalian penduduk, dinas pencatatan Sipil dan Kependudukan, Badan perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) serta Inspektorat kabupaten Poso. (DY)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button