Politik

Bimtek Pelaporan Dana Kampanye ke Parpol

POSO,Buletinsulawesi.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Dana Kampanye dan Aplikasi Pelaporan Dana kampanye pada Pemilu 2019 kepada partai politik tingkat Kabupaten Poso.Kegiatan yang digelar, Jumat (14/9) di Ruang Sintuwu Maroso 1 Hotel Ancyra by Continent Poso, dibuka Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Maliki serta diikuti operator dan pengurus 14 partai politik peserta Pemilu 2019 yanga ada di Poso.

Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Maliki dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini mengatakan, pentingnya bimtek pelaporan dana kampanye pada Pemilu 2019 ini dilakukan semua partai politik, sebagai upaya memberikan wawasan dan teknik pelaporan saat partai politik mendapatkan dana kampanye yang berasal baik secara internal maupun eksternal, sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 24 tahun 20140 diganti dengan PKPU Nomor 29 Tahun 2018.

“PKPU ini mengatur soal Dana Kampanye dan Pelaporannya, sehingga partai politik mendapatkan panduan dalam mengelola dana kampanye,” ujarnya.

Dia menyebutkan, pemanfaatan dana kampanye dan pelaporannya dimaksudkan sebagai bentuk pertanggungjawaban partai politik ke publik, sehingga pemanfaatan dana kampanye yang berasal baik dari internal maupun eksternal partai politik secara transparan dan dilakukan secara online.

“Aplikasi yang digunakan dalam pelaporan dana kampanye merupakan sistem yang dibangun secara online, sehingga dapat diakses oleh semua pihak termasuk pemberi dana kampanye,” paparnya.

Budiman berharap dengan adanya bimtek ini, seluruh operator maupun pengurus partai politik dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sehingga pengetahuan soal pelaporan dana kampanye benar-benar dapat diterapkan di partai polotik untuk kepentingan partai dan publik.

Pada kesempatan itu materi soal PKPU nomor 29 tahun 2018 tentang Dana Kampanye dan perlaporannya dibawakan Komisioner KPU Kabupaten Poso Divisi Logistik, Umum dan Keuangan, Wilianita Selviana Pangetty, serta Kasubag Hukum KPU Kabupaten Poso, Moh, Fahrul Podungge.
Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini dimanfaatkan para operator dan pengurus partai politik melakukan simulasi dan memparaktekkan cara pengisian pelaporan dana kampanye langsung di aplikasi yang disediakan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button