Politik

Kasus Dugaan Pelecehan Dan Penghinaan Tiga Partai Terus Berlanjut

Walaupun Pemilu Telah Selesai Pelapor Harpkan Penyelesaian

POSO,Buletinsulawesi.com- Hiangga kini pihak Bawaslu Kabupaten Poso masih terus berusaha mengungkap laporan dugaan penghinaan terhadap tiga partai di kabupaten Poso yakni PDIP,Golkar serta PKPI. Sementara itu ketiga partai yang merasa terhina oleh partai Demokrat pada saat kampanye,hingga kini terlihat kembali menindak lanjuti laporan mereka dengan mendatangi bawaslu untuk mempertanyakan kelanjutan laporan mereka.

Pihak Partai Gokar dan PDI-Pejuangan kabupaten Poso, tetap mendesak agar pihak Bawaslu Poso segera menuntaskan persoalan petinggi partai Demokrat kabupaten Poso yang diduga telah melakukan pelecehan serta penghinaan terhadap atribut tiga partai politik, ketika mereka melakukan kampanye terbuka pada penghujung masa kampanye di kecamatan Pamona Puselemba, pertengahan april yang lalu. Desakan tersebut terlihat jelas saat, ketua DPD partai Golkar Dan Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan kabupaten Poso, mendatangi kantor Bawaslu Poso di jalan Bali kelurahan Gebangrejo Barat, selasa (07/5).

Sementara itu pihak Bawaslu kabupaten Poso telah memeriksa belasan saksi, pelapor serta terlapor untuk mengambil langkah selanjutnya. Walaupun hingga kini belum ada keputusan dan pemilu telah selesai, namun kausus dugaan ini terus bergulir atau di proses.

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Poso Darmin A. Sigilipu dan ketua DPC PDI-P Poso, kadatangan mereka adalah untuk menanyakan sejauh mana proses laporan mereka tersebut diproses oleh pihak Bawaslu.Bagi kami keterangan dan bukti-bukti sudah cukup banyak, tinggal kami menunggu tindaklanjut dari Bawaslu.

“Kami secara iteren ditanyakan juga selalu oleh DPD provinsi soal kelanjutan proses kasus ini. Sebab telah sekitar 14 hari kalender atau hari kerja. Kami mengira bahwa Bawaslu itu tidak bekerja lima hari seminggu, ternyata mereka juga mengikuti 5 hari kerja. Kami akan tetap menuggu dan memberikan dorongan kepada pihak bawaslu agar kita sama –sama memberikan yang terbaik untuk daerah ini. Walaupun Pemilu telah selesai saya harapkan kasusus ini terus berlanjut”kata Ketua DPD Partai Golkar Poso Darmin A. Sigilipu dan ketua DPC PDI-P Poso.

Sementara pihak Bawaslu Poso melalui Crhistian Oruwo sebagai Komisioner koordinator divisi Hukum dan penanganan pelanggaran pemilu kepada media membenarkan, adanya kunjungan dari dua pimpinan partai Politik dari DPD Partai Golkar dan ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang bersifat ingin menanyakan perkembangan penganan laporan mereka terkait dengan kampanye partai Demokrat di Kecamatan Pamona Puselemba beberapa waktu lalu.

“Benar pak Darmin dan Pak Torunde datang mempertanyakan laporan mereka, tanggal 15 april, tentang kampanye partai Demokrat di Pamona Puselemba. Tadi saya telah jelaskan bahwa, masalah penanganannya nanti berakhir tanggal 8 bulan ini. Kalau dari batas waktu, lima belas hari ada di bawaslu,” urainya.

Sampai saat ini, pihak Bawaslu telah memintai keterangan terhadap 6 orang terlapor,4 saksi dan 3 pelapor juga telah dimintai keterangannya.

“Memang masih ada saksi yang akan kita panggil, tetapi karena saksi itu berhalangan walaupun sudah dua kali kita panggil. Berdasarkan peraturan Bawaslu kalau dua kali tidak datang, maka kita membuat kajian berdasarkan dengan bukti yang ada.” kata Crhistian

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button