Politik

Penetapan DPT Pemilu 2019 Ditunda

POSO,Buletinsulawesi.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, menunda sementara penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Penundaan itu terungkap dalam rapat pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang berlangsung, Selasa (21/8) di Kartika Hotel Poso.

Ketua KPU Kabupaten Poso, Budiman Maliki yang didampingi dua anggota KPU Kabupaten Poso lainnya yakni Taufik Hidayat dan Wilianita Selviana Pangetty dan Sekretaris KPU Kabupaten Poso, Hamzah, saat memimpin jalannya rapat pleno terbuta tersebut menyatakan, penetapan DPT untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Poso belum bisa dilakukan dan ditunda hingga ada pemberitahuan selanjutnya.

Dia menyebutkan, alasan penundaan penetapan tersebut dikarenakan sistem daftar pemilih (sidalih) secara nasional bermasalah, sehingga pihaknya tidak bisa menginput data DPSHP yang telah disahkan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke dalam sistem yang ada.
“Setelah adanya rekomendasi dari Bawaslu Poso, Kami KPU Kabupaten Poso menskor sementara rapat pleno terbuka soal Rekapitulasi DPSHP dan Penetapan DPT Pemilu 2019 untuk Kabupaten Poso, sampai adanya pemberitahuan selanjutnya,” ujarnya sambal mengetok palu rapat sebagi tanda penundaan penetapan DPT, Selasa (21/8/2018).

Budiman menjelaskan, sebelum penundaan dilakukan pihaknya berupaya berkoordinasi dengan pihak Bawaslu Poso terkait dengan permasalahan yang terjadi, sehingga apa yang dilakukan KPU tidak menyalahi aturan yang ada.

Sebelumnya, 19 PPK yang berasal dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Poso dalam rapat pleno terbuka tersebut menyampaikan rekapitulasi DPSHP yang telah disahkan ke KPU Kabupaten Poso dan dihadiri Bawaslu Kabupaten Poso serta 14 perwakilan partai politik peserta pemilu 2019. Namun, ketika baru enam PPK menyampaikan rekapitulasinya, sistem daftar pemilih (Sidalih) mengalami gangguan secara teknis secara nasional.

Hingga pukul 18.00 Wita KPU Kabupaten Poso akhirnya mengambil langkah selakukan skor rapat pleno terbuka hingga ada pemberitahuan selanjutnya dan menunggu Sidalih kembali normal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button