Headline

Rumah Nyaris Ludes Terbakar Saat Ditinggal Kepesta

Poso Kota Utara,Buletin Sulawesi-Satu unit rumah milik warga di Poso,Sulawesi Tengah pada Rabu (11/10) kemarin nyaris habis terbakar diamuk oleh si jago merah.Menariknya,peristiwa kebakaran rumah tersebut terjadi saat para pemilik rumah yang diketahui bernama Alimin (52) warga kelurahan Tegal Rejo,kecamatan Poso Kota Utara sedang pergi menghadiri acara pernikahan kerabatnya di wilayah kabupaten Tojo Una- Una.

Berdasarkan data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh saat mendatangi lokasi usai kebakaran,diduga kuat api yang menghanguskan seluruh bagian dapur rumah berlantai dua tersebut akibat api yang ada ditungku dapur lupa di padamkan usai memasak.Kondisi bangunan dapur yang semi permanen ditambah dengan banyaknya kayu bakar sisa dipakai untuk memasak membuat api dengan cepat menyambar dan menghanguskan semua bangunan pada bagian belakang rumah.

Beruntung,tingginya kepulan asap disertai teriakan para tetangga membuat warga sekitar dengan peralatan seadanya dengan cepat bahu-membahu sambil menggunakan air seadanya bisa memadamkan api sebelum tim Damkar tiba dilokasi kejadian.Tiga unit mobil Damkar milik Pemda Poso yang tiba dilokasi bersama dengan warga setempat membantu evakuasi barang-barang sekaligus mematikan api sisa –sisa dari kebakaran tersebut.

Perabot ruah tangga dan barang lainya sempat di amankan warga setempat

Saksi mata ,Umar (45) tetangga korban dalamm kesaksiannya mengatakan jika kebakaran tersebut terjadi pada pukul 12.30 wita saat rumah dalam kondisi kosong ditinggal pergi pemiliknya ke pesta kerabatnya.Api pertama kali diketahui oleh anak bungsu pemilik rumah perempuan bernama Widya (8)baru pulang sekolah dan ketika membuka pintu langsung rumahnya tertutup asap tebal,sehingga langsung histeris meminta bantuan tetangga.
‘’ Kalau saya melihat,kemungkinan berasal dari sisa api yang ada pada tungku dapur,mungkin sebelum berangkat pesta,pemilik rumah sempat memanas atau memasak yang akhirnya lupa di matikan sebelum pergi,’’ Ungkap Umar.
Umar yang ikut membantu memadamkan api secara manual sebelum mobil Damkar tiba dilokasi mengakui meskipun tidak ada korban jiwa dan api hanya membakar bagian dapur rumah,namun warga setempat ,khususnya tetangga dekat sempat panik menyelamatkan diri lari keluar katena takut rumahnya ikut terbakar.

Setelah sempat bekerja keras selama 1 jam,tim Damkar bersama warga akhirnya berhasil menguasai situasi dan kembali membantu pemilik rumah untuk memasukkan kembali barang-barang yang sebelumnya sempat dikeluarkan paksa takut ikut terbakar.
‘’ Yang pertama melihat kebakaran itu adalah anaknya yang baru pulang sekolah,dia yang minta tolong sama tetangga untuk melapor ke pemadam karena rumahnya banyak asap,tolong,tolong tumah saya banyak asap,’’ Tambah Umar sambil menirukan suara Widya pemilik rumah.

Hingga berita ini diturunkan,pihak Kepolisian sektor Poso Kota masih terus melakukan penyelidikan disekitar lokasi untuk mengetahui secara pasti apa penyevab dari kebakaran tersebut yang membakar habis dapur rumah.Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sementara oleh tim Inafis Polres Poso juga sedianya akan dilakukan pada hari ini Kamis (12/10/2017) untuk mengetahui penyebab pasti penyebab kebakaran serta berapa jumlah kerugian .

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

Back to top button